KONSUIL WILAYAH KALIMANTAN TIMUR Jl. Ir. H. Djuanda ( sebelah Hotel Kumala ) Tlp. ( 0541 ) 744816

Senin, 27 Februari 2012

Tiga Langkah Mudah Agar Instalasi Listrik Rumah Anda Aman,,,,,,,,%%%% dan Bebas Dari Kebakaran.

Pemasangan Instalasi Listrik  sangat penting pengaruhnya dalam keselamatan dan kenyamanan dalam pengunaan listrik dirumah kita, oleh karena itu pasanglah instalasi listrik rumah anda sesuai PUIL 2000 dan Ketentuan-ketentuan ketenagalistrikan yang ada di Indonesia. Listrik bisa bawa manfaat buat kita tapi listrik juga bisa buat bencana untuk kita. Hampir setiap hari di masmedia baik elektronik maupun cetak, memberitakan kebakaran dan kebakaran yang diduga akibat konsleting listrik.


Pemasangan Listrik yang standar akan membuat kita merasa aman dan nyaman dalam mengunakan listrik dirumah kita, tapi kalau instalasi listrik kita tidak standar kita akan menerima banyak kerugian, mulai rasa was-was akan kebakaran dan keselamatan jiwa dan harta benda, serta mahalnya bayar rekening listrik akibat banyaknya energi listrik yang bocor.

Foto - foto diatas mencontohkan kondisi pemasangan instalasi yang standar ( Yang dipasang oleh orang yang kopeten dibidang listrik ) dan Pemasangan instalasi yang tidak standar  ( Yang dipasang oleh orang yang tidak kopeten dibidang listrik, " Tukang kayu atau Tukang batu". ).Tiga langkah mudah itu adalah :
  1. Pasang instalasi listrik rumah anda pada orang - orang yang berkopeten dibidang listrik ( Bisa orang - orang dari CV / PT anggota AKLI, AKLINDO, AKLINAS, PAKLINA, dll ). Tip-tip  dalam mencari tenaga pemasang instalasi listrik.
    • Datangi kantor - kantor CV / PT tersebut diatas.
    • Cari informasi dari tetangga kanan - kiri yang sudah pasang listrik dan lihat hasil kerja CV / PT yang direkomendasikan oleh tetangga.
    • Tawar harga pemasangan instalasi listrik yang diajukan oleh CV / PT , Harga pemasangan instalasi listrik masing - masing CV / PT berbeda - beda satu sama lain.
    • Dalam membuat perjanjian kerja pemasangan instalasi listrik dengan CV / PT , cantumkan dalam pemasangan instalasi harus sampai keluar Sertifikat Laik Operasi ( SLO ) dari konsuil sebagai bukti instalasi sudah dipasang Standar .
  2. Gunakan matrial - matrial listrik ( MCB, saklar, KKB, Kabel,dll ) yang standar SNI. matrial - matrial listrik yang SNI bisa diakses di situs www.djlpe.esdm.go.id .  Dan untuk lebih amannya tambahkan pengaman GPAS /  ELCB pada instalasi rumah anda.
  3. Periksakan instalasi listrik rumah anda ke KONSUIL untuk mendapatkan Sertifikat Laik Operasi ( SLO ) untuk memenuhi Undang - undang No. 30 Tahun 2009 dan keselamatan.Untuk biaya pemeriksanan sangat murah ( Daya 900 VA = 77000 sudah termasuk PPN 10 %  ) Konsuil merupakan Badan Independen dan Nirlaba yang bertugas Memeriksa instalasi tegangan rendah daya 450 VA sampai 197 KVA dan menerbitkan Sertifikat Laik Operasi ( SLO ).

2 komentar:

  1. murah banget...ko ga pernah ada sosialisasi y ke masyarakat? atau saya aja yang ga tau..

    BalasHapus
  2. kenapa di bontang sy dimintai 600 ribu ke atas???? please ada yg bisa jelaskan

    BalasHapus