KONSUIL WILAYAH KALIMANTAN TIMUR Jl. Ir. H. Djuanda ( sebelah Hotel Kumala ) Tlp. ( 0541 ) 744816

Rabu, 25 April 2012

Pemasangan PHB untuk Rumah Tinggal Yang Standar dan Ideal



PHB ( Perlengkapan Hubung Bagi ) kalau zaman tempo dulu menyebut Box Sikring……..Adalah Box tempat pemasangan dan menghubungkan perlengkapan listrik seperti Saklar utama PHB, Proteksi Instalasi ( Bisa Patron Lebur, NH fuse, MCB. MCCB,dll )  dan tempat membagi group / sirkit akhir, Tempat penyambungan Penghantar PE dan Gounding.
Perlengkapan –perlengkapan listrik yang ada di  Box  PHB :

  •  Saklar Utama
  •  Proteksi listrik ( seperti Patron Lebur, NH fuse, MCB. MCCB,dll ).
  • Terminal Netral dan terminal PE
  •  Dan beberapa proteksi dan peralatan tambahan seperti ( GPAS/ ELCB, trafo arus & trafo tegangan, Voltmeter, Amperemeter,dll )
Fungsi masing – masing perlengkapan hubung bagi :
  • ·Saklar Utama  berfungi untuk menyalakan atau mematikan ( ON / OFF ) semua jaringan dan system instalasi yang terhubung dengan PHB tersebut. Kenapa PHB harus dipasang, Sesuai Puil 2000 6.2.4.1 Pada sisi penghantar masuk dari PHB yang berdiri sendiri harus dipasang setidak-tidaknya satu saklar, sedangkan pada setiap penghantar keluar setidak-tidaknya dipasang satu proteksi arus.  Saklar Utama minimal mempunyai arus pengenal 10 A
  •  Proteksi listrik ( seperti Patron Lebur, NH fuse, MCB. MCCB,dll ) Proteksi ini berfungsi mengamankan jaringan dan peralatan listrik dari kerusakan yang diakibatkan panas yang terlalu tinggi akibat beban lebih dan hubung singkat. 
  •    Terminal Netral dan Terminal PE,  Terminal ini berfungsi untuk menghubungkan atau menyambungkan penghantar Netral, Penghantar PE, dan Penghantar pembumian. Dengan adanya terminal akan memudahkan dalam penyambungan, perawatan dan perbaikan instalasi.
  • Proteksi tambahan seperti GPAS/ ELCB merupakan peralatan yang sangat penting untuk mengamankan Manusia dan binatang dari tegangan sentuh terlalu tinggi yang disebabkan kegagalan isulasi, GPAS juga bisa mengamankan rumah dan bangunan kita dari bahaya akhibat listrik.
  •  Voltmeter dan Amperemeter merupakan alat ukur untuk mengetahui tegangan dan arus di PHB .
Dimana PHB Harus dipasang….???
Sesuai PUIL 2000 :
6.2.1.1 PHB harus ditata dan dipasang sedemikian rupa sehingga terlihat rapi dan teratur dan harus ditempatkan dalam ruangan yang cukup leluasa.
6.2.1.2 PHB harus ditata dan dipasang sedemikian rupa sehingga pemeliharaan dan pelayanan mudah dan aman, dan bagian yang penting mudah dicapai.
PHB untuk rumah dipasang paling rendah 1,5 meter dan paling tinggi 2 meter.
Dengan ketentuan diatas PHB sebaiknya dipasang di tempat yang mudah dijangkau, mudah pelayanannya, aman dan ruang cukup leluasa. Seperti ruang tamu, ruang keluarga,dll. PHB jangan dipasang di kamar tidur atau ruang – ruang yang sangat pribadi…..karena apa….??? pada saat ada gangguan/Hubung singkat kalau PHB ada dikamar tidur akan menggangu orang yang lagi istirahat, itu belum lagi kalau pemilik kamar pergi keluar rumah dan kamar dikunci oleh pemilik kamar akan lebih menyulitkan dalam perbaikan listrik dirumah tersebut. 
Pada saat menentukan besarnya proteksi di sirkit akhir PHB  supaya koordinasi sistem proteksi berjalan dengan baik. Contohnya Rumah anda pasang baru daya 1300 VA  dengan MCB KWH meter 6 A. Kalau instalasi dirumah anda dibagi 2 grup atau lebih jangan sampai memasang MCB proteksi dimasing masing group 6 A tapi pasang 4 ampere, karena apa....? kalau pengaman ( MCB ) grup sama dengan MCB KWH meter ......satu Grup gangguan atau hubung singkat MCB KWH meter ikut mati jadi semua instalasi jadi mati, berbeda kalau MCB group lebih kecil dari MCB KWH meter salah satu group gangguan yang mati hanya grup itu aja group yang  lain masih hidup.  Jadi kalau pasang baru daya 1300 VA dengan instalasi 2 group atau lebih, MCB saklar utama dan proteksi/ MCB group adalah MCB 10 untuk saklar utama dan masing - group 4 A atau 2 A .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar