KONSUIL WILAYAH KALIMANTAN TIMUR Jl. Ir. H. Djuanda ( sebelah Hotel Kumala ) Tlp. ( 0541 ) 744816

Kamis, 02 Desember 2010

BP Konsuil Kaltim Terbentuk

BADAN Pelaksana Komite Nasional Keselamatan untuk Instalasi Listrik (Konsuil) Wilayah Kaltim terbentuk. Pembentukan itu ditandai dengan pelantikan pengurus BP Konsuil Kaltim oleh Direktur Konsuil Pusat Ir Tunggono Soemedi di aula kantor PLN Wilayah Kaltim, Jl MT Haryono, kemarin (14/5).

Para pengurus BP tersebut masing-masing Sunarno (Kepala Wilayah), Taher Achad (Kabag Administrasi dan Keuangan), Hasanuddin DJ (Kabag Teknik dan Operasi), dan Hilmansyah (Kabag Manajemen Muti dan Sertifikasi). Pelantikan tersebut juga disaksikan GM PLN Wilayah Kaltim Achmad Siang, yang sekaligus menjadi Ketua Dewan Pembina BP Konsuil Kaltim, perwakilan Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia (AKLI), Dewan Wali Amanah Konsuil dan lainnya.

Menurut Achmad Siang, hadirnya BP Konsuil adalah untuk kepentingan rakyat. Nantinya BP Konsuil berfungsi sebagai lembaga penentu, apakah rumah atau gedung yang telah dipasang instalasi layak atau tidak untuk dialiri listrik. Sebab, tenaga listrik selain bermanfaat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga berpotensi menimbulkan kerugian akibat kebakaran. Sehingga setiap instalasi listrik, khususnya tegangan rendah (TR), sebelum dioperasikan harus memiliki sertifikat layak operasi.

”Ibarat makanan, BP Konsuil adalah MUI, yang menentukan haram atau tidak dimakan. Jika didalam kelistrikan boleh atau tidak, instalasi yang terpasang untuk dialiri listrik,” terang dia.

Sementara, Tunggono Soemedi meminta agar BP Konsuil juga dibentuk di tingkat kota/kabupaten. Kemudian, sebaiknya BP Konsuil juga membuat sekretariat atau kantor yang lokasinya berdekatan dengan PLN agar memudahkan dalam koordinasi. ”Saya harap Konsuil di daerah segera terbentuk,” katanya.(tom)Kutipan www.kaltimpost.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar